Rabu, 19 Mei 2010

Memahami Otak

Otak terletak dalam batok kepala dan melanjut menjadi saraf tulang belakang ( medulla spinalis) . Berat otak kurang lebih 1400 gram atau kira-kira 2 % dari berat badan. Tidak ada hubungan langsung antara berat otak dan besarnya kepala dengan tingkat kecerdasan. Otak bertambah besar namun tetap berada dalam tengkorak sehingga semakin lama akan semakin berlekuk lekuk. Semakin dalam lekukan pertanda semakin banyak informasi yang disimpan, dan semakin cerdaslah pemiliknya. Secara anatomis bonglahan otak dapat dibagi menjadi otak besar ( cerebrum), otak kecil ( cerebellum ), dan batang otak ( Brain stem ) . Pembelajaran sangat berhubungan dengan otak besar, sedangkan otak kecil lebih bertanggung jawab dalam proses koordinasi dan keseimbangan, dan batang otak mengatur denyut jantung serta proses pernafasan yang sangat penting bagi kehidupan. Dalam rangka mengkaji pembelajaran, otak besar akan lebih banyak dieksplorasi.


Apabila dilihat dari atas, otak besar tampak terbelah dua menjadi otak kiri dan kanan, dipisahkan oleh lekukan dalam memanjang yang disebut: ? Fissura Longitudinalis?. Di dasar lekukan ada sekumpulan serat yang menghubungkan kedua belahan otak dan disebut dengan ?corpus callosum?. Apabial otak dibelah secara vertikal, akan terlihat otak bagian luar ( cortex cerebri) yang berwarna abu-abu, dan otak bagian dalam yang berwarna putih. Cortex cerebri mempunya tiga fungsi yaitu:
1. Sensorik yang berfungsi untuk menerima masukan
2. Asosiasi yang bertugas mengolah masukan
3. Motorik yang bertugas mereaksi masukan

Dengan gerakan tubuh ( Snell,1996 ). Masukan informasi dari luar ditangkap melalui panca indra baik penglihatan,pendengaran,penciuman,perabaan,maupun pengecapan. Sebagai contoh apabila telinga menerima masukan suara maka akan dibawaoleh saraf pendengaran ke pusatnya di cortex bagian samping. Selanjutnya masukan dikirim kedaerah asosiasi untuk dicocokkan makna katanya. Akhirnya dikirm ke pusat bicara di cortex depan untuk kemudian diperintahkan lidah dan tangan agar bertindak sebagai reaksinya. Semua proses tersebut disimpan digudang memori dalam cortex untuk sewaktu waktu dapat dipanggil kembali.

Otak menyimpan informasi dengan menggunakan asosiasi. Apabila ada penguatan informasi lama dan penambahan informasi baru maka sel-sel otak segera berkembang membentuk hubungan-hubungan baru. Semakin banyak jalinan saraf terbentuk, semakin lama dan kuat informasi itu disimpan. Hubungan antar sel saraf terjadi di sinaps yang mengubah energi listrik menjadi energi kimia dengan mengeluarkan neurotansmiter. Energi kimia ini kemudian diubah menjadi energi listrik kembali pada sel saraf berikutnya. Rangsangan yang terus menerus akan mempercepat jalannya energi listrik di saraf, dan energi kimia di sinaps sehingga akan membuat otak semakin segar. Inilah beda mendasar anatara otak dan computer, meskipun computer dirancang atas dasar prinsip kerja otak. Semakin digunakan, computer akan semakin aus, sedangkan otak semakin canggih karena ia mengikuti hokum ? Use it or lose it ? ( gunakan atau hilang ) seperti halnya kita ( Taufik, 1999 )

Otak menangkap semua rangsang untuk dipahami ( dipersepsi ) melalui kerja sel saraf, sirkuit saraf, dan neurotransmiter. Saat kita menghadirkan rangsang itu kembali ( missal mengingat suatu kejadian ),otak akan menanggapi dengan cara yang sama, karena bagi otak semua itu terjadi saat ini. Otak tidak dapat membedakan anatara kejadian sesungguhnya dan ingatan akan suatu kejadian. Dengan dasar inilah maka imajinasi,khususnya visualisasi dapat menjadi cara pembelajaran yang efektif. Ekslorasi otak selama era otak ( Brain Era ) yaitu tahun 1990.

Sumber : Materi pelatihan Gerak senam Otak oleh Dra.Sumaryanti,MS.
FIK-UNY
(Harno Datin)

0 komentar:

Download free Materi Pembelajaran

1. Media Pembelajaran
klik disini

2. Komputer Media pembelajaran
klik disini

3. Jaringan Komputer
klik disini

4. Cara merakit komputer
klik disini

5. Variasi seni rupa dalam pembelajaran anak usia Dini
klik disini

 

Apkah KOmputer Selalu membawa dampak negatif??

Apa Kabar Dunia

cah GUNUNG Copyright © 2009 Galih TP09 Designed by Bie galih pranowo